Monday, October 11, 2021

Format Daftar Nilai Siswa Kurikulum 2013 (Xls)

October 11, 2021
 Penilaian merupakan bagian penting dan tak terpisahkan dalam sistem pendidikan saat ini Format Daftar Nilai Siswa Kurikulum 2013 (xls)

BlogPendidikan.net
- Penilaian merupakan bagian penting dan tak terpisahkan dalam tata cara pendidikan ketika ini. Peningkatan mutu pendidikan mampu dilihat dari nilai-nilai yang diperoleh penerima bimbing. Tentu saja untuk itu diharapkan tata cara penilaian yang bagus dan tidak bias. Sistem penilaian yang bagus akan bisa menunjukkan gambaran wacana kualitas pembelajaran sehingga pada gilirannya akan bisa membantu guru menyiapkan seni manajemen pembelajaran. 

Bagi akseptor asuh sendiri, tata cara evaluasi yang bagus akan mampu menawarkan motivasi untuk selalu meningkatkan kemampuannya. Dalam tata cara penilaian hasil berguru, penilaian ialah langkah lanjutan setelah dikerjakan pengukuran. berita yang diperoleh dari hasil pengukuran berikutnya dideskripsikan dan ditafsirkan.

Ruang Lingkup Penilaian

Cakupan evaluasi dalam kurikulum 2013 meliputi :

KI-1: kompetensi inti sikap spiritual
KI-2: kompetensi inti sikap sosial
KI-3: kompetensi inti wawasan
KI-4: kompetensi inti keterampilan

Penilaian hasil berguru penerima latih mencakup kompetensi sikap, wawasan, dan keahlian yang dilaksanakan secara berimbang sehingga dapat digunakan untuk menentukan posisi relatif setiap akseptor ajar kepada tolok ukur yang telah ditetapkan. Cakupan penilaian merujuk pada ruang lingkup materi, kompetensi mata pelajaran/kompetensi muatan/kompetensi program, dan proses.

Teknik dan Instrumen Penilaian Kurikulum 2013

Teknik dan instrumen yang digunakan untuk penilaian kompetensi perilaku, wawasan, dan kemampuan sebagai berikut :

1. Penilaian Kompetensi Sikap

Pendidik melaksanakan penilaian kompetensi perilaku melalui pengamatan, evaluasi diri, evaluasi “teman sejawat” (peer evaluation) oleh penerima latih dan jurnal. Instrumen yang dipakai untuk observasi, penilaian diri, dan penilaian antar akseptor ajar adalah daftar cek atau skala penilaian (rating scale) yang dibarengi rubrik, sedangkan pada jurnal berbentukcatatan pendidik.

1) Observasi ialah teknik evaluasi yang dikerjakan secara berkesinambungan dengan menggunakan indera, baik secara eksklusif maupun tidak eksklusif dengan menggunakan fatwa observasi yang berisi sejumlah indikator perilaku yang diperhatikan.

2) Penilaian diri ialah teknik penilaian dengan cara meminta peserta didik untuk mengemukakan
keunggulan dan kekurangan dirinya dalam konteks  pencapaian kompetensi. Instrumen yang dipakai
berupa lembar evaluasi diri.

3) Penilaian antar akseptor bimbing ialah teknik evaluasi dengan cara meminta peserta latih untuk
saling menganggap terkait dengan pencapaian kompetensi. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian antar peserta bimbing.

4) Jurnal ialah catatan pendidik di dalam dan di luar kelas yang berisi info hasil pengamatan
wacana kekuatan dan kekurangan akseptor bimbing yang berhubungan dengan sikap dan perilaku.

2. Penilaian Kompetensi Pengetahuan 

Pendidik menganggap kompetensi pengetahuan melalui tes tulis, tes mulut, dan penugasan.

1) Instrumen tes tulis berupa soal pilihan ganda, isian, jawaban singkat, benar-salah, menjodohkan, dan uraian. Instrumen uraian dilengkapi anutan penskoran.

2) Instrumen tes lisan berbentukdaftar pertanyaan.

3) Instrumen penugasan berupa pekerjaan rumah dan/atau projek yang dilaksanakan secara individu atau kelompok sesuai dengan karakteristik tugas.

3. Penilaian Kompetensi Keterampilan

Pendidik menilai kompetensi keterampilan lewat penilaian kinerja, adalah penilaian yang menuntut peserta  didik mendemonstrasikan sebuah kompetensi tertentu dengan menggunakan tes praktik, projek, dan penilaian portofolio. Instrumen yang dipakai berbentukdaftar cek atau skala penilaian (rating scale) yang dilengkapi rubrik.

1) Tes praktik yakni penilaian yang menuntut respon berupa keterampilan melaksanakan suatu acara atau sikap sesuai dengan permintaan kompetensi.

2) Projek yakni tugas-tugas belajar (learning tasks) yang mencakup acara perancangan, pelaksanaan, dan pelaporan secara tertulis maupun verbal dalam waktu tertentu.

3) Penilaian portofolio yaitu penilaian yang dijalankan dengan cara menganggap kumpulan seluruh karya peserta bimbing dalam bidang tertentu yang bersifat reflektif integratif untuk mengenali minat, kemajuan, prestasi, dan/atau kreativitas penerima latih dalam masa waktu tertentu. 

Karya tersebut dapat berbentuk langkah-langkah aktual yang merefleksikan kepedulian akseptor didik terhadap lingkungannya. 

Instrumen penilaian mesti menyanggupi kriteria :

a. substansi yang merepresentasikan kompetensi yang dinilai
b. konstruksi yang menyanggupi patokan teknis sesuai dengan bentuk instrumen yang dipakai
c. penggunaan bahasa yang bagus dan benar serta komunikatif sesuai dengan tingkat kemajuan penerima didik.

Berikut Format Daftar Nilai Siswa Kurikulum 2013 dalam bentuk excel yang simpel dipakai dalam pembuatan nilai siswa. Untuk mengunduhnya pada tautan dibawah ini.

Format Daftar Nilai Siswa Kurikulum 2013 (xls) : 1. UNDUH 2. UNDUH

Ikuti BlogPendidikan.net pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan info terupdate tentang guru dan pendidikan). Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.

Sumber https://www.blogpendidikan.net/

Thanks for reading Format Daftar Nilai Siswa Kurikulum 2013 (Xls)

Related Posts

Your Comments

No comments:

Post a Comment

Labels

Labels

Labels

Copyright © INFORMASI SEPUTAR PENDIDIKAN. All rights reserved. Template by CB Blogger